Review http://poetrapisces.blogspot.com/ on alexa.com

01/09/10

Menentukan Lokasi / Site yang Tepat

Penentuan lokasi usaha, adalah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan sistem pemasaran dan penjualan. misalkan keputusan memilih suatu lokasi terkait erat dengan target minimal penjualan yang harus dicapai. bila rata-rata terget minimal penjualan tidak tercapai, maka lokasi tersebut tidak tepat atau salah dalam menyeleksi. penentuan minimal target penjualan adalah berkait dengan berapa besar sewa atas lokasi tersebut.

secara klasik untuk menentukan lokasi yang tepat haruslah mempelajari aspek-aspek demografis dan psikografis, kehadiran kompetitor, ketersediaan layanan utilitas seperti listrik, telephon, air bersih, sekolah, rumah sakit, keadaan traffic, akses, tempat parkir, keamananm tidak banjir ketika hujan, aspek hukum (zoning dan peruntukan tanah) dan lain-lain.
dengan diberlakukan uu tentang tata ruang, maka perlu juga mengetahui aturan-aturan pamerintah daerah  tentang lokasi usaha. Hal yang paling mendasar perlu ditanyakan, adalah apakah lokasi usaha tersebut ramai diknjungi orang, pada hari kerja atau libur, siang malam atau keduanya? bagaimana citra (image) daerah/ lokasi tersebut, baik (positif) atau burukkah (negatif) dikaitkan dengan aspek keamanan dan kenyamanan? apakah potensial target target marketing akan tertarik datang ke lokasi usaha? diizinkan memasang signboar, bilboard, direct-sign dan lain-lain.
untuk menentukan lokasi yang tepat haruslah memperhatikan aspek ADI (areas of dominant influence), khususnya mengenai daya beli masyarakat rendah, tunda dahulu membuka usaha disitu.
sebenarnya menentukan lokasi yang tepat tidaklah sulit, asalkan mampu mengkombinasikan antara "ilmu" (science) dengan "seni" (art). penentuan lokasi usaha memang telah ada usaha dan formatnya yang baku, kita tinggal mengikuti saja. tetapi kadang kala kita juga perlu menggunakan insting bisnis. insting itu tumbuh dari pengalaman. dalam kajian saya, tidak sedikit usaha yang sukses, padahal lokasi tidak memenuhi syarat secara keilmuan. namun, saya tetap menganjurkan agar lebih mengutamakan "ilmu" karena lebih rasional dan terukur.
kalaupun sulit, itu lebih banyak karena faktor banyaknya cirect competitors di lokasi yang kita inginkan. sebab itu untuk menghindari kesulitan yang kadang muncul dalam menentukan lokasi yang tepat maka sebaiknya yang harus dilakukan adalah :
Pertama : memilki pedoman dan SOP yang baik tentang metode dan cara-cara seleksi dan pemilihan lokasi usaha. pedoman dan SOP itu harus tetap disempurnakan.
Kedua : rekrutlah tenaga-tenaga kerja yang handal dan telah berpenglaman dalam analisis lokasi. saya tahu cukup banyak perusahaan waralaba (asing & lokal) yang memiliki divisi khusus untuk seleksi pemilihan lokasi. misalkan, pakah McDonald's hanya menjual hamburger? tidak ! justru slah satu kekuatan adalah dalam menjual properti sebagai gerai McDonald's. memang, McDonald's memilki divisi khusus untuk pemilihan dan seleksi sekaligus tim negosiasi untuk menempati atau mengambil suatu lokasi / site gerainya.
hemat saya, hanya untuk menentukan lokasi / site belum perlu dilakukan dengan research. lebih baik buat saja divisi khusus atay business development / division. tetapi kalau mau di "out-sourced" pemilihan lokasi usaha kepada perusahaan yang khusus bergerak dalam bidang tersebut, mengapa tidak? atau ikut dalam workshop khusus yang diselenggarakan WALI mengetahui metode "site analisis" dalam franchise.

Amir Karamoy
AK Conculting

Baca Juga Artikel Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More